Jakarta (Antara Bali) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo sangat mendukung apabila "bike to work" (sepeda untuk bekerja) diterapkan di berbagai kota, terutama kawasan yang memiliki populasi kendaraan tinggi.

"Jajaran Kementerian yang saya pimpin siap menerapkan 'bike to work' asalkan infrastruktur untuk jalur sepeda memadai," kata Menteri Sharif usai membuka Fun Bike "Gowes Nusantara" di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu.

Dia mengingatkan bahwa dengan sarana dan prasarana memadai akan dapat membuat pengendara sepeda nyaman memakai kendaraan kayuhnya untuk beraktivitas.

"Kalau melihat keadaan jalan raya sekarang, belum dapat dikelompokkan sebagai tempat yang ramah terhadap pengendara sepeda," kata Menteri.

Sejauh ini, kata dia, kondisi jalanan terkesan memprioritaskan kendaraan bermotor daripada pesepeda.

Pengendara kendaraan kayuh sering bersaing dengan pengguna sepeda motor dan mobil dalam menggunakan jalan. "Dalam waktu dekat ini, 'bike to work' belum didukung infrastruktur. Maka, perlu kajian mendalam mengenai bagaimana jalanan tidak membahayakan pesepeda agar tidak rawan kecelakaan," katanya.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012