Magelang (Antara Bali) - Jambore dan Pekan Olahraga Kesenian  Rehabilitan Mental akan digelar di Rumah Sakit Jiwa Prof dr Soerojo Kota Magelang, Jawa Tengah pada 31 Oktober hingga 3 November 2012.

Kasubbag Humas RSJ Prof dr Soerojo, L Bambang Dwi Poyono, di Magelang, Rabu, mengatakan kegiatan yang akan dilaksanakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa se-dunia tahun 2012.

Ia mengatakan, sampai saat ini tercatat ada 10 rumah sakit jiwa yang sudah mendaftarkan diri.

"Kegiatan ini diikuti seluruh RSJ se-Indonesia. RSJ dari luar Jawa antara lain dari Bangka Belitung, Samarinda, Mataram, dan Bali," katanya.

Ia menyebutkan, lomba yang diikuti oleh para rehabilitan (pasien sakit jiwa) antara lain bulutangkis, tenis meja, bola voli, futsal, catur.

Kegiatan keagamaan meliputi MTQ, Adzan, ceramah singkat, puisi, kesenian daerah, pemecahan rekor MURI membatik terpanjang oleh rehabilitan.

Bambang mengatakan, tujuan digelar kegiatan ini adalah untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa para pasien RSJ ketika sudah sembuh bisa melakukan aktivitas seperti masyarakat pada umumnya.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012