Sydney (Antara Bali) - New South Wales (NSW), Australia, menghadapi wabah campak terburuk di Negara Bagian itu dalam 14 tahun dan orang perlu melindungi diri mereka serta diberi vaksin.

Sebanyak 145 kasus telah dilaporkan di seluruh negara bagian tersebut pada 2012, termasuk 54 kasus yang didiagnosis pada September, demikian Kementerian Kesehatan NSW.

Direktur Urusan Perlindungan Kesehatan di Kementerian Kesehatan NSW Jeremy McAnulty, Kamis (4/10), mengatakan satu wabah campak terbesar di negara bagian tersebut dalam lebih dari satu dasawarsa telah menyebar ke wilayah Illawarra, Sydney, setelah sebelumnya wabah itu dapat dikekang di Western dan South Western Sydney.

"Setiap orang yang mengalami gejala campak tak boleh pergi ke sekolah, bekerja atau keluar rumah, seperti ke tempat umum," kata McAnulty di dalam satu pernyataan, dikutip Jumat.

Gejala campak meliputi demam, lesu, pilek, batuk basah dan mata perih, lalu diikuti oleh ruam merah. Campak sangat cepat menular tapi dapat dicegah melalui vaksinasi, kata McAnulty. "Setiap orang yang berusia antara satu hingga 47 tahun perlu diberi vaksin."

Kementerian Kesehatan NSW menawarkan vaksin gratis di klinik khusus yang telah didirikan di daerah Campbelltown.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012