Menteri Luar Negeri sekaligus State Councillor China Wang Yi mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20, kata Menlu RI Retno Marsudi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut Retno, Wang Yi menyampaikan apresiasi itu langsung kepada Presiden Joko Widodo saat keduanya melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

"Presiden baru saja menerima kunjungan kehormatan State Counsilor, Menteri Luar Negeri China Wang Yi. China menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia di G20. Apresiasi tinggi terutama diberikan China pada saat pertemuan Menlu G20," kata Retno Marsudi dalam keterangannya secara daring di Jakarta, Senin.

Retno menyampaikan kunjungan kehormatan tersebut dilakukan setelah Wang Yi menghadiri pertemuan dengan para menlu negara anggota G20, Jumat (8/7), serta pertemuan high level dialogue cooperation mechanism antara Indonesia dan China, Sabtu (9/7).

Dalam kunjungannya bertemu Presiden Jokowi, Senin, lanjut Retno, Wang Yi menyampaikan bahwa negaranya memahami situasi dunia yang banyak tantangan. Oleh karena itu, Wang Yi menilai Indonesia berhasil menjalankan kepemimpinan yang baik dan bijak, sehingga pertemuan para menlu negara anggota G20 berjalan baik.

"Selain itu, dalam pertemuan tadi, China juga memberikan apresiasi atas berbagai upaya Indonesia untuk mencoba mencari atau mengupayakan resolusi damai terhadap situasi yang sedang terjadi di Ukraina, termasuk secara spesifik disebutkan mengenai kunjungan Presiden ke Kyiv dan Moskow," jelasnya.





 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022