Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bali Komang Sri Marheni menyampaikan 61 lokasi Shalat Idul Adha 1443 H di Denpasar pada Minggu (10/7).

"Saya imbau kepada seluruh umat Muslim di Bali agar melaksanakan ibadah shalat Id dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, membawa peralatan ibadah hand sanitizer, dan tetap memakai masker," katanya kepada media di Denpasar, Sabtu.

Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha yang ditetapkan pemerintah jatuh pada hari Minggu (10/7), Sri meminta jamaah yang hadir selalu menjaga kondisi yang kondusif dan ketenangan saat beribadah.

Selain itu, di tiap-tiap wilayah diharapkan untuk selalu berkoordinasi dengan aparat berwenang khususnya dalam hal pengamanan saat pelaksanaan ibadah seperti aparat desa dan pecalang.

Baca juga: 500 orang ikuti sholat Idul Adha di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bali

"Dalam pelaksanaan pemotongan (hewan kurban) selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk meyakinkan bahwa hewan dalam kondisi sehat," ujar Sri sambil menyebut pedoman SE No. 10 tahun 2022 tentang Pelaksanaan Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban.

Kakanwil Kemenag Bali tersebut berharap Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah dapat menjadi momentum pengorbanan yang penuh keikhlasan dan kerendahan hati dalam memperkuat keimanan serta rasa kemanusiaan terhadap sesama.

Dalam keterangannya, Sri turut menyebutkan daftar rekapitulasi titik Shalat Idul Adha yang tersebar di Bali, dengan total hampir 600 titik shalat Id, hari Minggu besok. Di pusat Kota Denpasar sendiri, disediakan 61 lokasi yang dapat dihadiri masyarakat, mulai dari mushalla, masjid, hingga lapangan terbuka.

Baca juga: Menag doakan Indonesia semakin jaya saat wukuf

Lokasi di Denpasar Barat antara lain Musholla Al Qomar, Musholla Syuhada, Musholla Al Hikma Joglo, Musholla Purnawira, Musholla Al Furqon, Musholla Al Muhajirin, Musholla Baitul Hikmah, Musholla Al Ikhlas, Masjid Alhidayah, Masjid Alikhlas, Musholla Annikmah, Musholla Pendopo KH Abdurrahman Wahid, MT Alhidayah, Mush Nurul Hoidayah, Musholla Muhammad, Musholla Alqoidiri, Mush Sunan Giri, Gedung Dakwah Muhammadiyah, Mush Ahmad Dahlan, Masjid Suci, dan Musholla Al Ikhlas.

Sementara itu di Denpasar Selatan masyarakat dapat datang ke Masjid Muawanatul Khoitiyah Kampung Bugis, Musholla Fastabikul Khoirat, Musholla Al-hijrah, Masjid Al Ikhsan, Musholla Baitul Muslimin, Mushalla Ar-Rahman Palapa
Musholla Al Muhajirin 3, Musholla Torikussalam, Masjid Al-Muhajirin Musholla Nurul Hidayah, Musholla Al Jihad Taman Sari, Musholla Al Falah Sidakarya, Mush Al-Ikhlas, Mush Assakinah, Lapangan Renon Denpasar, PHBI Denpasar Selatan, dan Gedung An Najah YSMU.

Di Denpasar Timur Musholla Al-Falah, Musholla Balai Diklat Industri, Masjid Al Hikmah, Masjid Darul Huda, Masjid NurutTaqwa, Masjid At-Taufiq, Yayasan Madya Nurus Salam Jaya Giri, Lapangan GOR Ngurah Rai Denpasar, Musholla Mandafa Darussalam, dan Masjid At-Taqwa Polda.

Baca juga: Jamaah haji Indonesia merasa lega doa tercurah saat wukuf

Denpasar Utara Musholla Ash Rathal Mustaqiim, Mush Attaqwa Irawan, Mush Al-Ikhsan, Mush Almuhajirin, Mush Al-Hidaah, Musholla Alfatah, Mush Alikhlas Picuhsan, Mush Arriuad Uburt, Mush Alhidayah Jempiring, Masjid Darussalam, Masjid Baiturrahmah, dan juga Lapangan Lumintang.

Sri Marheni berharap, semarak perayaan Idul Adha 2022 dapat menciptakan kebersamaan dalam perbedaan untuk mewujudkan keindahan dalam beragama.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag Bali sampaikan 61 lokasi Shalat Idul Adha 1443 H di Denpasar

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022