Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu pusat pendidikan dan riset di Indonesia mendukung penyelenggaraan pertemuan G20 dengan menyediakan bus listrik untuk sarana transportasi bagi delegasi dalam agenda internasional itu.

"Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah menyediakan Bus Listrik UI sebagai salah satu sarana transportasi dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut," kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia kepada pers di Depok, Jumat.

Ia mengatakan bahwa PT Mobil Anak Bangsa secara simbolis menyerahkan bus listrik tersebut ke UI, yang kemudian menyerahkannya kepada pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan pertemuan G20, forum kerja sama ekonomi internasional yang mencakup19 negara dan Uni Eropa.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, Presiden Direktur PT Mobil Anak Bangsa Kelik Irwantono, serta pejabat Kementerian Perindustrian, Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menghadiri acara penyerahan mobil listrik tersebut.

Sebelumnya (8/6), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal mobil listrik yang rencananya menjadi kendaraan resmi para pemimpin berbagai negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Bali, November 2022.

Presiden mencoba mobil listrik tersebut bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (8/6/2022), sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Selepas mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani di Kota Semarang, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Batang.

Setelah keluar Gerbang Tol Gringsing, Batang, Presiden dan Ibu Iriana kemudian berganti kendaraan dengan mobil bertenaga listrik lalu meninjau proyek KCC Glass di KITB.

“Saya kira halus, enggak ada suaranya," ujar Presiden dalam keterangannya di kawasan proyek KCC Glass.

Mobil listrik yang dijajal Presiden adalah Genesis dari perusahaan Hyundai.

Selain Presiden dan Ibu Iriana, tampak juga  menaiki mobil listrik Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad yang ketiganya berada dalam satu mobil.

Di mobil listrik lainnya, tampak Menteri BUMN Erick Thohir duduk bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Adapun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menumpangi mobil listrik lainnya bersama dengan istri.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden jajal mobil listrik yang akan dipakai pemimpin negara G20

Pewarta: Feru Lantara dan Indra Arief Pribadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022