Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali, mengagendakan berbagai jenis perlombaan untuk memperingati Bulan Bung Karno IV selama Juni 2022.

"Pemkab Buleleng mengagendakan sejumlah lomba guna memeriahkan sekaligus menanamkan nilai-nilai semangat perjuangan kepada generasi muda Buleleng," kata Sekretaris Daerah Buleleng, Gede Suyasa di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Kamis.

Ia mengatakan beberapa jenis lomba yang digelar seperti lomba mewarnai dan melengkapi gambar tingkat sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Buleleng dengan menggandeng Hilo School.

Baca juga: Gubernur Koster: Peringatan Bulan Bung Karno arusutamakan Pancasila

Suyasa memaparkan bahwa lomba yang bertemakan "Adi Cita Danu Kerti" itu bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme dan karakter yang baik pada generasi muda.

"Lomba mewarnai tingkat SD hari ini adalah untuk menanamkan sikap sopan santun yang baik kepada anak didik, kuat menghadapi tantangan, baik dari dalam maupun luar dan diharapkan memiliki semangat yang tinggi serta penghargaan terhadap kepahlawanan," ujar Sekda Suyasa.

Selain itu, Suyasa juga menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni lalu dapat menjadi momentum bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan seluruh lapisan masyarakat.

"Pancasila menjadi ideologi yang kuat menjaga Indonesia sampai saat ini. Ini yang harus kita tanamkan sekuat mungkin kepada generasi muda kita," katanya.

Baca juga: Pembangunan RTH Bung Karno di Buleleng tetap dikebut meski PPKM

Terkait ketentuan lomba, peserta dibagi menjadi dua kategori yakni kategori A adalah siswa kelas satu sampai dengan kelas tiga sebanyak 91 orang peserta dan kategori B dari kelas empat sampai kelas enam sebanyak 73 orang peserta.

Sebagai motivasi dalam perlombaan, pemenang lomba mewarnai dan melengkapi gambar akan diberikan hadiah uang pembinaan, piagam dan sertifikat masing-masing kategori Rp350.000, untuk Juara I Rp300.000, Juara II dan Juara III sebesar Rp250.000.

Kepada pemenang Harapan I, II dan III juga diberikan hadiah uang pembinaan, piagam dan sertifikat masing-masing sebesar Rp200.000, Rp150.000, dan Rp100.000.
 

Pewarta: IMBA Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022