Samarinda (Antara Bali) - Lomba perahu tambangan atau perahu penyeberangan khas Samarinda, Kalimantan Timur, akan mewarnai Festival Mahakam yang dijadwalkan berlangsung pada 2 - 4 November 2012.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, HM Faisal, Jumat, mengatakan Festival Mahakam akan diwarnai beberapa kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya, selain lomba tambangan juga 'dragon race' atau perahu naga.

Perahu tambangan yang sudah beroperasi selama bertahun-tahun merupakan salah satu moda transportasi di Sungai Mahakam, terbuat dari kayu, menggunakan penutup bagian atas dan samping, untuk melayani penyeberangan dari wilayah Samarinda Kota ke Samarinda Seberang.

Namun, sejak wilayah Samarinda Seberang dengan Samarinda Kota terhubung melalui jalur darat menggunakan Jembatan Mahakam, keberadaan "tambangan" mulai berkurang, yakni semula lebih dari 100 unit, kini sekitar 80-an unit.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di beberapa titik mulai dari depan Kantor Gubernur Kaltim hingga Jembatan Mahakam. "Khusus untuk Lomba Perahu Naga kami menyediakan hadiah Rp15 juta. Kegiatan ini tahun depan kami upayakan digelar hingga tingkat nasional," ujar Faisal.

Kegiatan lainnya yang bersifat ekshibisi di antaranya lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam, lomba "ces" atau perahu, parade tambangan hias, jetski, ski air serta power.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012