Singaraja (Antara Bali) - TNI Angkatan Darat menggembleng puluhan anggota Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Buleleng, Bali, mulai dari strata penegak hingga pandega, di Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 900/Raider, Singaraja, Minggu.

Komandan Kodim 1609/Buleleng Letkol (Inf) Nugroho Dwi Hermawan mengatakan, tujuan dari latihan itu untuk membentuk dan menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air sekaligus menanamkan semangat bela negara. Kegiatan itu diikuti anggota Pramuka dari delapan kecamatan, kecuali Kecamatan Sawan.

"Generasi muda, khususnya Pramuka penegak dan pandega harus memahami Bela Negara dengan menanamkan dan mencintai Tanah Air melalui berbagai kegiatan positif dan tidak terpengaruh dengan aksi kebut-kebutan di jalan raya serta mengonsumsi miras dan narkoba," katanya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat membentuk pemuda-pemuda yang tangguh dan peduli dengan keutuhan NKRI. Dalam kegiatan yang berlangsung melalui perkemahan itu, peserta diberikan meteri Survival, Pioneering dan Mountainering, Navigasi Darat, dan Bintal Juang..

"Lima materi ini akan mampu membentuk pemuda Indonesia yang berkarakter dan memiliki tanggung jawab terhadap lingkungannya termasuk menjaga persatuan dan kesatuan," kata Dandim.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012