Beijing (Antara Bali) - Sejumlah agen perjalanan di China membatalkan paket wisatanya ke Jepang, menyusul menghangatnya hubungan kedua negara terkait sengketa di Kepulauan Diaoyu.

Sejumlah media bisnis setempat di Beijing, Kamis, melaporkan agen wisata internasional China dan Sichuan Comfort International Travel Service Co, telah membatalkan paket wisata ke Jepang.

Terkait itu pihak agen perjalanan juga berjanji untuk mengembalikan uang yang telah dibayarkan oleh para calon pelancong Negeri Panda ke Jepang.

Sementara itu beberapa agen wisata lainnya seperti Shanghai Travel Agency dan Xiamen Chunhui International Travel Service juga membatasi paket perjalanan wisata ke Negeri Matahari Terbit.

Pemerintah Jepang menetapkan untuk membeli Diaoyu dari pihak swasta dengan mengalokasikan dana sekitar 2,05 miliar Yen atau 26,15 juta dolar AS. Pulau di Laut China Timur itu disengketakan oleh China dan Jepang. Di China dikenal sebagai Diaoyu, sedangkan di Jepang disebut Senkaku.

Keputusan Jepang membeli pulau tak berpenghuni di Laut China Timur itu sontak menimbulkan protes keras dari Pemerintah China. Aksi protes juga dilancarkan sejumlah elemen masyarakat di beberapa wilayah di China. Hingga kini di sekitar Kedutaan Besar Jepang di Beijing dijaga ketat oleh aparat.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012