Solo (Antara Bali) - Ribuan seniman, pelajar, dan delegasi dari 30 negara mengikuti kirab seni budaya untuk memeriahkan Konferensi Federation for Asian Cultural Promotion (FACP) di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu petang.

Kirab seni dalam kaitan promosi perpaduan budaya Asia yang digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo tersebut diikuti sebanyak 1.200 seniman dan pelajar serta 70 delegasi FACP dengan tema wayang.

Kirab seni budaya itu diawali barisan paskibraka, pasukan penunggang kuda berpakaian wayang, disusul puluhan kereta kencana dan andong yang ditumpangi para delegasi dari 30 negara.

Kirab juga dimeriahkan sejumlah seni tari, di antaranya penampilan Ogoh-ogoh, topeng ireng (Boyolali), reog, barongsai, barong kemamang, tari keprajuritan (Selo Boyolali), dan wayang kartika (Meta Budaya).

Selain itu dimeriahkan Red Batik dan Solo Batik Carnival (SBC) yang membuat para delegasi terkagum untuk mengajak foto bersama peserta.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Widdi Srihanto, kirab tersebut merupakan salah satu rangkaian acara FACP Ke-30 yang diikuti 150 peserta dalam dan luar negeri dengan tema "Merupa Seni Tradisi Seiring Zaman. Memasarkan Seni Asia Mendunia".(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012