Solo (Antara Bali) - Sebanyak 50 delegasi dari 15 negara peserta Konferensi Federation for Asian Cultural Promotion (FACP) akan mengikuti kirab budaya dengan tema wayang yang digelar di Solo pada Sabtu (8/9).

"Kirab budaya ini akan diikuti ribuan peserta yang semuanya mengenakan pakaian ala wayang termasuk delegasi FACP yang mengikuti fonferensi di Solo yang berlangsung tanggal 6--9 September 2012," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Widdi Srihanto di Solo, Kamis.

Ia mengatakan kirab tersebut merupakan salah satu rangkaian acara FACP ke-30 yang diikuti 195 peserta dalam dan luar negeri dengan tema "Merupa Seni Tradisi Seiring Zaman. Memasarkan Seni Asia Mendunia".

Kirab budaya kali ini, lanjutnya, mengambil tema wayang dan sejumlah peserta termasuk delegasi FACP bersedia mengenakan pakaian tradisional Solo dengan menaiki kereta kencana dan andong. Kirab ini juga akan dimeriahkan oleh 1.200 peserta dari sekolah dan sanggar seni di Kota Solo.

Peserta kirab akan mengenakan pakaian khas Jawa, seperti beskap. Sementara peserta lain akan mengenakan kostum wayang yang bervariasi. "Lewat kirab ini diharapkan peserta FACP akan mengenal budaya wayang dan adanya keragaman budaya di Solo," katanya.

Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo (Rudy), dijadwalkan akan mengikuti kirab. Wali Kota akan mengenakan kostum Kresna dan Wakil Wali Kota memakai kostum Werkudara. Selain itu prajurit Keraton Kasunanan, Mangkunegaran dan Pemkot juga siap mengikuti kirab.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012