Mataram (Antara Bali) - Pengoperasian "golf car" untuk menggantikan cidomo di objek wisata gili (pulau kecil) Trawangan,  Lombok Utara, tidak akan merugikan masyarakat terutama para kusir angkutan tradisional kas Lombok itu.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Utara Sinar Wugiyarno SH di Tanjung, Rabu, mengatakan ada anggapan bahwa dengan penggantian cidomo (sejenis dokar) dengan "golf car akan menghilangkan mata pencaharian warga Gili Trawangan.

"Kita jamin itu tidak akan terjadi, karena pengoperasian 'golf car' tersebut diserahkan kepada warga Gili Trawangan terutama yang selama ini mengelola usaha angkutan dan kusir cidomo. Jadi tidak akan merugikan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, para kusir cidomo nantinya akan menjadi operator "golf car", bahkan ada kemungkinan mereka bisa memiliki kendaraan tersebut yang dibayar secara kredit. Pemerintah akan memfasilitasi.

Ia  mengakui hingga kini sebagian warga di objek wisata Gili Trawangan itu masih menolak "golf car" karena mereka khawatir kehilangan mata pencahariannya.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012