Inisiatif Hyperlocal yang terus digencarkan Tokopedia untuk mendorong pemerataan ekonomi daerah, termasuk di Bali, telah menghasilkan berbagai dampak positif bagi para UMKM Bali hingga masyarakat secara umum.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam siaran pers, Kamis mengatakan berbagai program turunan inisiatif Hyperlocal, seperti Digitalisasi Pasar Tradisional, Sekolah Kilat Seller hingga Mitra Tokopedia, misalnya, telah mendorong peningkatan transaksi UMKM Bali hingga dua kali lipat pada 2021 dibandingkan dengan 2020.”

Tokopedia juga mencatat kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi pada 2021 dibandingkan 2020, khususnya di Bali, antara lain kategori kecantikan, makanan dan minuman, kesehatan dan perawatan, tirai matahari, sayur-sayuran, masker dan hand sanitizer.

Baca juga: Tokopedia: 2021, transaksi rata-rata UMKM Denpasar meningkat

Selain itu, ada juga berbagai inisiatif turunan Hyperlocal yang membantu masyarakat secara umum dalam memenuhi kebutuhan. Mulai dari Bangga Buatan Indonesia, Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan masih banyak lagi.

Agung Bali Mall yang didirikan oleh Komang Rismawati merupakan salah satu contoh UMKM Bali yang turut merasakan dampak positif dari Tokopedia. Bahkan dengan memanfaatkan fitur TopAds, transaksi tokonya bisa meningkat dua kali lipat.

 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022