Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Badung, Bali, berkomitmen terus membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang sangat berdampak ke daerah yang bergantung pada sektor pariwisata itu.

"Kami pada tahun 2022 ini akan fokus melaksanakan dua jenis kegiatan yang pertama adalah sosialisasi serta edukasi agar masyarakat tetap menjaga kesehatan di masa pandemi serta yang kedua adalah dengan melakukan kegiatan aksi sosial menyasar masyarakat secara langsung," ujar Ketua TP PKK l Badung Seniasih Giri Prasta di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan untuk mencegah penyebaran kasus COVID-19 agar tidak kembali meningkat, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan selalu waspada namun juga jangan sampai terlalu resah dalam menghadapi situasi pandemi.

"Kita harus tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan seperti dengan cara membentengi diri dengan memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan sejumlah upaya lainnya," katanya.

Untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Bali yang sangat terdampak pandemi, menurut Seniasih Giri Prasta TP PKK memiliki sejumlah program pemulihan ekonomi seperti dengan menyelenggarakan pasar rakyat secara bergilir di masing-masing kabupaten dan kota se-Bali.

Pasar rakyat itu akan menampilkan berbagai produk yang dihasilkan para pelaku UMKM Bali dan membantu mereka dalam memasarkan produknya kepada masyarakat luas.

"Ke depannya kami berupaya agar program TP PKK pusat, provinsi dan kabupaten kota bisa kami laksanakan dengan bersatu padu dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu kami Tim TP PKK Badung juga akan bergerak dan bersinergi dengan PKK Kecamatan Desa dan Kelurahan termasuk Dasa Wisma," ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster juga akan selalu mengajak Tim TP PKK kabupaten/kota yang ada di Bali untuk solid bergerak untuk masyarakat.

"Kami semua bergerak bersama. Dan tidak ada gunanya kami menggerakkan tanpa dukungan partisipasi aktif masyarakat. Karena kesuksesan seluruh kabupaten/kota yang imbang dan harmonis itu berarti kesuksesan pembangunan di Provinsi Bali," ujarnya.

Sebelumnya ia juga telah mengajak seluruh kader PKK bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan saling berbenah serta terus mengembangkan potensi lokal dan kearifan lokal yang akan bermuara pada satu tujuan yaitu mewujudkan kesejahteraan keluarga.

"Mari bersama-sama sinergikan kekuatan kita dan dukung program pemerintah. Karena warga negara yang baik adalah yang mampu mendukung pemerintah, mendukung peraturan-peraturan pemerintah, menjalankannya dengan baik dan saling bersinergi," kata Putri Suastini Koster.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022