Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menyambut kedatangan 25 orang delegasi G20 tahap pertama yang diangkut Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 4180.

Delegasi itu merupakan berasal dari Jepang, Singapura, Arab Saudi, Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Turki, Swiss, serta Indonesia yang tiba di Bandara Bali pada 7 Desember 2021 pukul 24.00 WITA.

"Kami mendukung penuh kegiatan G20 dengan menyiapkan fasilitas alur khusus saat tiba sehingga tidak bercampur dengan penumpang umum lainnya, yakni melalui akses terminal internasional," ujar General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Herry AY Sikado di Kabupaten Badung, Rabu.

Baca juga: Jasa Marga siap hijaukan Jalan Tol Bali Mandara jelang G20

Setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, delegasi G20 menjalani pemeriksaan suhu tubuh, kemudian diarahkan ke lounge khusus sembari menunggu proses pengambilan bagasi hingga meninggalkan bandara melalui loading dock Terminal Internasional.

Herry mengatakan pemberlakuan protokol kesehatan ketat akan tetap diutamakan sebagai antisipasi penyebaran pandemi COVID-19.

"Melihat tahap awal ini sebanyak 21 negara yang ikut serta dalam pertemuan di Bali, berdasarkan jadwal kedatangan delegasi G20 tanggal 7 - 8 Desember 2021," katanya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait sehingga kedatangan delegasi G20 dapat berjalan dengan lancar.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders bandara yang ikut bersinergi membantu proses kedatangan para delegasi," ungkap Herry Sikado.

Baca juga: Menparekraf pastikan hotel untuk G20 Bali tersertifikasi CHSE

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga terus berupaya melakukan kesiapan peningkatan layanan, sehingga tamu delegasi G20 dapat merasa nyaman tiba maupun berangkat.

"Untuk jadwal kepulangan delegasi G20 nantinya akan berlangsung tanggal 10-11 Desember 2021, ini merupakan agenda Presidensi G20 yang dilaksanakan secara bertahap dalam rentang waktu Desember 2021 hingga Oktober 2022 mendatang," ujarnya

Ia mengatakan berbagai kegiatan internasional akan digelar di Bali dan berharap memberikan dampak yang positif untuk  aviasi dan perekonomian masyarakat setempat. 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021