Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengecek kesiapan salah satu tempat (venue) KTT G20 di wilayah Kota Denpasar, yakni TPS3R Sekar Tanjung, Bali.

Kedatangan Menko Marinvest Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster disambut Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara beserta jajarannya di TPS3R Sekar Tanjung, Kamis.

Menko Marinvest Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya berkomitmen menciptakan penanganan sampah terintegrasi di Kota Denpasar, guna mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali, sehingga ke depannya sampah di Kota Denpasar dapat ditangani secara optimal.

Baca juga: Luhut pastikan kesiapan Indonesia jadi tuan rumah KTT G20

Sementara itu, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menjelaskan Pemkot Denpasar pada intinya siap melaksanakan sinergi pusat dan daerah guna mewujudkan penanganan sampah terintegrasi di perkotaan, sehingga upaya penanganan sampah terintegrasi dapat terus dioptimalkan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Menko Marinvest bahwa akan terus digenjot pembangunan TPS3R di Kota Denpasar, termasuk juga optimalisasi TPST Denpasar, sehingga secara berkelanjutan upaya peningkatan pengolahan sampah terus dioptimalkan, targetnya sebelum G20 dan beberapa hari ke depan akan dilaksanakan kajian akademis atau FS," ujarnya

Ia mengatakan pihaknya berkoordinasi untuk bersinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam hal ini Pemprov Bali dan Kota Denpasar guna mewujudkan penanganan sampah terintegrasi dan berkelanjutan di Kota Denpasar.

Baca juga: PUPR benahi infrastruktur dukung G20 di Bali 2022

"Intinya kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah pusat dalam penanganan sampah terintergarasi tersebut. Bahkan nantinya saat pelaksanaan G-20, delagasi akan melihat langsung penanganan sampah itu," kata Wali Kota Jaya Negara.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021