Denpasar (Antara Bali) - Wilayah Kabupaten Tabanan, Bali, dipilih menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan kontes pemilihan "Miss Earth" dunia yang dijadwalkan digelar Oktober 2012.

"Perhelatan pemilihan yang ke-12 akan diselenggarakan di Pulau Dewata, karena memang paling siap menyukseskan acara itu dibandingkan provinsi lainnya," kata Chairman Miss Indonesia Earth Foundation, Adilwan Astrawinata, di Denpasar, Senin.

Rencananya kontes tersebut akan diselenggarakan dari 3-28 Oktober pada tahun ini, namun persiapannya telah dilakukan sejak sekarang.

Salah satu bentuk persiapan yang dilakukan adalah dengan dijadwalkan lima pemenang "Miss Earth" Indonesia akan datang ke Pulau Dewata untuk melakukan survei dan sosialisasi tentang pemilihan ratu kencantikan lebih fokus tentang pelestarian alam itu.

"Dalam beberapa hari ke depan rencananya kami bersama mereka akan bertemu dengan Bupati Tabanan sebagai penguasa daerah tempat penyelenggaraan kontes ini," ujarnya.

Adilwan mengatakan, kedatangan para "Miss Earth" itu sebagai bagian dari tugas mereka setelah terpilih untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Salah satu tugas terpenting mereka adalah melakukan survei di wilayah tempat penyelenggaraan untuk memberitahukan kepada para peserta kontes tersebut tentang berbagai hal yang harus disiapkan.

"Rencananya peserta yang akan ikut dalam kontes tersebut berasal dari 120 negara. Mereka akan merebutkan gelar terbaik dalam kontes yang temanya adalah energi berkesinambungan," ucapnya.

Adilwan menjelaskan, penyelenggaran kontes itu di Pulau Dewata merupakan pertama kalinya di Indonesia. Ajang pemilihan tersebut pada tahun sebelumnya dihelat di Vietnam.(IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012