Denpasar (Antara Bali) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengapresiasi seni lukis klasik khas Bali karena berperan penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan.
    
"Diharapkan seni lukis klasik Bali ini tetap lestari," kata Wakil Mendikbud Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, dalam sambutan tertulis pembukaan Festival Internasional Bali Bangun di Denpasar yang dibacakan oleh stafnya, Sabtu (28/7) malam.
    
Festival yang digelar di Museum Seni Lukis Klasik Bali itu melibatkan peserta dari tujuh negara. Menurut Wamen, seni lukis klasik Bali memiliki nilai-nilai pendidikan tradisi yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat setempat.
    
Oleh sebab itu, seni lukis klasik Bali diharapkan tetap berkembang dan memiliki apresiasi lestari di lingkungan masyarakat pendukungnya.
    
Seni lukis klasik Bali yang juga dikenal dengan seni gambar bertutur merupakan hasil sentuhan seniman secara lembut dengan garis-garis ritmik yang penuh dengan curahan rasa artistik.
     
Nuryanti menambahkan, inspirasi seni itu menceritakan filosofi kehidupan, filsafat agama, etika, moral, alam, fauna, flora termasuk alam perbintangan.(*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012