Singaraja (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Anak Agung Ngurah Puspayoga mengumpulkan tokoh adat di Kabupaten Buleleng yang berasal dari klan atau trah satria.
     
Pengumpulan tokoh adat berkasta tinggi itu dilakukan bersamaan dengan deklarasi Kerta Samaya Trah Satria di Puri Seni Sasana Budaya, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Sabtu.
    
"Kerta Samaya Trah Satria ini sebagai forum komunikasi tokoh masyarakat dengan mengutamakan kearifal lokal," kata pria yang disebut-sebut kandidat Gubernur Bali dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.
    
Deklarasi yang menghabiskan dana Rp70 juta itu diawali dengan penandatanganan naskah pendirian organisasi oleh 14 orang perwakilan keturunan raja di Kabupaten Buleleng yang tergabung dalam Prati Sentana Trah Satria.
   
Salah satu penandatangan naskah itu adalah Wakil Bupati Buleleng Made Arga Pynatih selaku penglingsir atau pemuka Arya Bang Pynatih. Arga Pynatih akan mengakhiri jabatannya sebagai Wakil Bupati Buleleng periode 2007-2012, Selasa (24/7).  
    
"Forum ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan budaya pada zamannya itu, sekaligus menghargai leluhur diharapkan bisa membantu pemerintahan dan pembangunan, khususnya di Kabupaten Buleleng," kata Puspayoga.(MDE/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012