Medan (Antara Bali) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan terus berupaya menggalakkan kegiatan donor darah sebagai gaya hidup masyarakat di daerah itu, dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan dr T Gita Aisyaritha di Medan, Sabtu, mengatakan, saat ini PMI terus menggalakkan donor darah sebagai gaya hidup yang sehat serta dapat menyelamatkan hidup orang lain.

"Menilik manfaat-manfaat yang diperoleh, masyarakat dapat mengadopsi gaya hidup sehat dengan berdonor darah minimal setiap 2,5 -3 bulan sekali," katanya disela acara kegiatan donor darah di salah satu pusat perbelanjaan di Medan.

Ia mengatakan, donor darah jika dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan seseorang.

Manfaat tersebut antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit melalui tes darah dasar.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan angka ketersediaan darah adalah minimal dua persen dari jumlah penduduk suatu negara. Jadi apabila penduduk di Indonesia  sekitar 240 juga idelanya stok darah yang tersedia adalah 4,5-4,8 juta kantong.(LHS)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012