Denpasar (Antara Bali) - Pendapatan asli daerah (PAD) Kota Denpasar pada 2012 sebesar Rp352 miliar atau naik Rp65 miliar dibandingkan tahun 2011 yang hanya Rp287 miliar.

"PAD ini meningkat karena dipicu oleh perkembangkan perekonomian secara umum di Bali yang terus membaik sehingga total APBD tahun ini sebesar Rp1,2 triliun, " kata Asisten I Sekda Kota Denpasar I Ketut Mister di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, hingga semester pertama atau akhir bulan Mei 2012, beberapa pos PAD Kota Denpasar mampu melampaui target yang ditetapkan, seperti retribusi pelayanan kesehatan telah mencapai Rp1,9 miliar, padahal tagetnya hanya Rp1,7 miliar.

Begitu juga pada retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari target 2012 sebesar Rp5 miliar, sampai akhir Mei terealisasi Rp5,5 miliar.

"Peningkatan retribusi ini tentu atas dukungan dan partisipasi masyarakat dalam membayar retribusi, seperti mengurus IMB yang semakin meningkat," katanya.

Mister lebih lanjut mengatakan, pendapatan dari pos pajak daerah dari target yang ditetapkan tahun 2012 sebesar Rp267 miliar, hingga kini baru mencapai Rp130 miliar lebih.

"Pos pajak daerah Kota Denpasar mengandalkan dari pendapatan pajak hotel dan restoran serta pajak papan iklan atau reklame," ujarnya.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012