Denpasar (Antara Bali) - Panitia Pesta Kesenian Bali (PKB) akan melakukan evaluasi terhadap jadwal pementasan di Taman Budaya di Denpasar yang belakangan beberapa kali mengalami perubahan dan bahkan pembatalan.

"Itu akan menjadi bahan evaluasi terutama untuk PKB mendatang. Staf kami sudah meralat pengumuman jadwal tersebut, namun mungkin hal itu kurang komunikatif disampaikan kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Ketut Suastika, di Denpasar, Senin.

Pembatalan sudah terjadi lebih dari lima kali pementasan, sebagian besar pembatalan pementasan itu berasal dari tim kesenian luar daerah. Berbagai alasan disampaikan seperti sakit dan ada kesibukan lain di daerah.

Meski untuk alasan sakit pihaknya masih bisa memaklumi namun untuk alasan yang lain panitia mengharapkan tim kesenian yang ingin melakukan perubahan atau pembatalan diharapkan memberitahukan kepada panitia minimal seminggu sebelum pementasan.

Meski saat ini PKB masih berlangsung, namun pihaknya telah merancang beberapa evaluasi salah satunya dengan melakukan mekanisme keikutsertaan peserta PKB baik untuk pawai ataupun pagelaran. Dia mengatakan bahwa satu bulan sebelum PKB digelar, pihaknya akan mengundang partisipan untuk membicarakan agenda dan menandatangi surat pernyataan sebagai bentuk komitmen kesiapan pada ajang pesta seni tahunan itu.

Pihaknya juga telah menentukan bahwa pada Oktober mendatang akan melayangkan surat kepada pemerintah daerah maupun lembaga di seluruh Tanah Air untuk menyampaikan rencana PKB tahun 2013 mendatang. Panitia PKB, lanjut, suastika, juga akan menambah jadwal pementasan yang semula hanya tiga kali menjadi empat kali dalam sehari yakni mulai pukul 10.00 Wita, 12.00 Wita, 16 Wita, dan 20.00 Wita. (DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012