Batam (Antara Bali) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menyelenggarakan "yacht sailing" untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara.

"Kami mendorong Batam menyelenggarakan acara yacht ketimbang tur sepeda," kata Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim di Batam, Senin.

Ia mengatakan Batam dengan perairan tenang cocok mengadakan acara pelayaran menggunakan perahu yacht. "Marinanya ada, lihat saja perairannya, cocok sekali," kata dia.

Ia mengatakan jika pemerintah Batam ingin menyelenggarakan acara kapal layar, kementerian akan menyokongnya. "Harus pemda dulu, kami sifatnya mensuport," kata dia.

Menurut dia, setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing yang perlu ditonjolkan dalam menjaring wisman, dan tidak perlu meniru konsep daerah lain yang sudah sukses.

Ia mengatakan sejak "Tour de Singkarak" sukses diadakan di Sumatera Barat, banyak daerah yang juga mengajukan penyelenggarakan acara serupa.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012