Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

"Dengan diperingatinya Hari Lahir Pancasila ini kami harapkan betul-betul Pancasila dapat diimplementasikan oleh seluruh warga masyarakat Indonesia," ujarnya saat mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Kami harap seluruh masyarakat bisa lebih memahami dalam melakukan pembangunan di Badung yang dilandasi oleh nilai-nilai pancasila. Pancasila ini yang akan menjadi bintang penuntun dalam kehidupan kita bermasyarakat dan bernegara," katanya.

Menurut Bupati Giri Prasta, seiring zaman, Pancasila sebagai ideologi negara memiliki tantangan yang semakin berat, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang Republik Indonesia berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan.

Baca juga: Danrem: Pentingnya makna Pancasila kurangi potensi perpecahan bangsa

Ia menjelaskan globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Hal yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antara nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi.

"Kita tidak boleh lepas dari keyakinan kepada Tuhan, mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Perjuangan untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia tidak dibeda-bedakan demi terciptanya suatu keadilan sosial," ungkap Bupati Giri Prasta.

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang tahun ini diselenggarakan secara virtual tersebut mengambil tema "Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh” dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo.

Di Badung, selain diikuti oleh Bupati Giri Prasta, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa, Komandan Kodim 1611/Badung, Kolonel Infantri I Made Alit Yudana, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi serta sejumlah pejabat lain juga mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara virtual itu.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021