Denpasar (Antara Bali) - Ikan gabus tidak hanya bisa menjadi menu utama dalam santap makanan namun dengan kreasi ide baru, bisa diolah menjadi kue basah.
     
Kue basah dengan nama "gogos ikan ketela ungu" yang terbuat dari campuran ketan, ikan gabus, dan ketela ungu itu merupakan ciptaan ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bangli, Bali, dan diyakini belum pernah dijual dipasar.
     
"Gogos ikan ketela ungu merupakan hasil kreasi kami. Karena Bangli tidak memiliki laut maka kami memanfaatkan ikan gabus hasil tangkapan nelayan di Danau Batur, Kabupaten Bangli, untuk diolah menjadi kue," kata salah seorang perwakilan PKK Kabupaten Bangli, Anak Agung Ayu Oka, di Denpasar, Senin.
     
Bahan-bahan yang digunakan pun cukup sederhana, di antaranya ketan, ketela ungu, serta ikan gabus dengan bumbu yakni bawang putih, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, cabe, kemiri, gula pasir, garam, dan merica.
     
Setelah ketan, ketela, dan ikan gabus dikukus, kemudian ketela dihaluskan. Sedangkan ikan gabus digoreng menjadi abon dengan bumbu yang telah diracik.          
Kue basah itu sekilas mirip dengan kue lemper namun dari segi bahan isi, kue itu menggunakan ketela dan ikan gabus, serta kemasannya yang tidak dibungkus melainkan digulung.
     
Gogos ikan ketela ungu dibentuk gulungan bulat pipih dengan sisi awal ketan, kemudian ketela, ungu dan dibagian dalam diisi abon ikan gabus.(DWA)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012