Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali bersama komponen pariwisata setempat sudah saatnya memikirkan untuk membentuk usaha patungan secara global dengan mitra bisnis di luar negeri, terutama di negara pusat turis.

Hal itu penting dipikirkan dan diwujudkan agar dunia pariwisata bisa mendapatkan hasil maksimal bagi kesejahteraan rakyat Bali, kata pengamat dan praktisi pariwisata, Dewa Rai Budiasa di Denpasar, Sabtu.

Usaha patungan global melibatkan pemerintah bersama pengusaha dengan menggaet mitra bisnis di luar negeri dengan prinsip saling menguntungkan tersebut, terutama guna mendatangkan lebih banyak lagi distribusi wisatawan mancanegara ke Bali.

Menurut Dewa Rai, melalui bisnis patungan global tersebut Bali juga akan bisa melakukan promosi kepariwisataan di negara mitra, dengan meyuguhkan potensi pariwisata sekaligus destinasi yang ada di Pulau Dewata.

Melalui usaha bersama itu, maka masyarakat internasional yang tertarik berlibur ke Bali, bisa dihimpun oleh mitra bisnis di negara masing-masing untuk kemudian didistribusikan melalui agen perjalanan yang ditunjuk dan dipercaya di Bali.

Dengan cara itu, pelancong sejak dari negaranya hingga Pulau Dewata dan kembali lagi atau melanjutkan perlananan ke destinasi lain, akan merasa lebih terjamin dan lebih puas, tutur Dewa Rai Budiasa.(*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012