Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Denpasar, Bali, siap mendukung dan menyukseskan program pembangunan pemerintah kota melalui kolaborasi kegiatan kedua pihak dalam memajukan perdagangan dan industri di daerah itu.

"Dalam menyukseskan program pemerintah, kami ingin mengolaborasikan kegiatan pemkot dengan kegiatan Kadin Kota Denpasar, baik yang berhubungan dengan lingkungan, budaya, kewirausahaan, pariwisata dan kegiatan lainnya," kata Ketua Kadin Kota Denpasar, I Putu Arnawa saat bertatap muka dengan Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan sebagai pengurus pihaknya juga siap membantu berbagai hal yang dibutuhkan baik sarana prasarana dalam menyukseskan pembangunan Pemkot Denpasar.

Tidak hanya itu, kata Arnawa, pihaknya juga siap mendampingi maupun membina para IKM maupun UMKM binaan Dekranasda Kota Denpasar, sehingga mereka bisa kreatif dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Kami ingin mengkolaborasikan berbagai kegiatan untuk mensukseskan dan mendukung program Pemkot Denpasar," ujar Arnawa.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara dan Wakilnya Ayu Kristi Arya Wibawa mengatakan pihaknya siap untuk berkolaborasi membangkitkan IKM atau UMKM di Denpasar.

"Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan Kadin bisa memfasilitasinya dan bersinergi dengan pemkot untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Menurut Sagung Antari, saat ini IKM binaan Dekranasda Kota Denpasar kesulitan dalam mendapatkan Hak Kekayaan Inteletual (Haki) maupun label halal untuk produknya.

"Untuk bisa mendapatkan label halal tersebut kami harapkan Kadin Denpasar memberikan pembinaan terkait hal tersebut," kata Sagung Antari

Di bidang kegiatan sosial, Sagung Antari mengaku pihaknya melaksanakan berbagai kegiatan, seperti donor darah, memberikan bantuan kursi roda, tongkat maupun alat bantuan pendengaran (kepada anak-anak berkebutuhan khusus). Selama ini semua kegiatan itu mendapat bantuan CSR dari berbagai perusahaan swasta.

Untuk kegiatan donor darah, kata dia, pihaknya memberikan bantuan sembako bagi masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya. Sedangkan untuk bantuan kursi roda dan alat bantu pendengaran masih banyak yang belum bisa kami fasilitasi.

"Kami berharap Kadin Kota Denpasar bisa membantu memfasilitasi melalui dana kepedulian sosial (CSR)," ujarnya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021