Denpasar (Antara Bali) - Tiga ekor gajah diikutsertakan pada pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34 di depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Minggu sore.

Pembukaan PKB dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.Tiga gajah ini melengkapi garapan seni yang ditampilkan oleh duta Kabupaten Gianyar yang mengambil judul "Akulturasi Budaya".

Masing-masing gajah dengan tenang "melenggang" dan berjalan di sela-sela penari yang mengikuti pawai tersebut. Ada dua orang pria dengan mengenakan busana adat Bali berwarna putih menunggangi setiap ekor gajah.

Walaupun gajah berjalan di tengah sorak-sorai penonton yang menyaksikan ajang seni tahunan di Pulau Dewata ini, tidak sedikitpun membuat gajah sampai panik dan keluar dari rute pawai.

Pun dengan suara gamelan yang dibunyikan oleh para seniman sama sekali tidak membuat binatang berbelai ini terganggu untuk melangkah di depan para petinggi negara dan pejabat daerah Bali.

Gajah yang ditampilkan oleh Kabupaten Gianyar ini menjadi atraksi untuk pertama kali yang mengikutsertakan binatang bertubuh besar sejak PKB digelar untuk pertama kalinya.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012