Lviv (Antara Bali) - Sundulan penyerang Mario Gomez di babak kedua cukup untuk memberi Jerman kemenangan 1-0 atas Portugal, pada pertandingan pembuka Piala Eropa 2012, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari di Indonesia.

Setelah kemenangan di perempat final Piala Eropa 2008 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2010, ini merupakan kemenangan ketiga Jerman atas Portugal di turnamen-turnamen besar, untuk memberi Jerman kemenangan di partai pertamanya di Grup B.

Untuk semua hal yang telah dituliskan mengenai potensi ancaman dari kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, bintang Real Madrid ini justru mengalami malam yang buruk saat ia bermain di bawah standar, dan ia jarang mampu lolos dari pengawalan Jerome Boateng.

Setelah Denmark menang mengejutkan 1-0 atas Belanda pada pertandingan sebelumnya, kemenangan ini memberi keunggulan awal pada Jerman yang dipimpin Joachim Loew di grup mereka, yang kerap dijuluki 'Grup maut.'

Loew menyodorkan kejutan sebelum pertandingan dimulai dengan tidak memainkan bek tengah sarat pengalaman, Per Mertesacker, untuk pertandingan di Lviv Arena, stadion terkecil dari delapan stadion yang dipakai untuk Piala Eropa 2012, di depan 32.900 penonton yang memadati stadion ini.

Pemain Bayern Muenchen, Holger Badstuber, bermitra dengan bek Borussia Dortmund, Mats Hummels, di jantung pertahanan, dengan kapten Philipp Lahm mengisi posisi bek kiri, rekan seklub Lahm, Jerome Boateng, berada di sisi kanan.

Penyerang veteran, Miroslav Klose, yang merayakan ulang tahunnya ke-34 pada Sabtu, mengisi bangku pemain cadangan, sedangkan pencetak gol semata wayang, Gomez bermain sejak awal sebagai penyerang tunggal.

Pelatih Portugal, Paulo Bento, memainkan formasi 4-3-3, dengan Ronaldo memimpin serangan.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012