Denpasar (Antara Bali) - Puluhan bartender dari Bali dan sejumlah kota di Indonesia serta seorang dari Hungaria akan berlomba dalam kompetisi bartender di kawasan wisata internasional Kuta, pada 7-9 Juni 2012.

Ketua panitia lomba Ngurah Udayana di Kuta, Rabu mengatakan, lomba bartender itu bertajuk "Flair Fun and Mixology, the Art of Bartending Challenge 2012".

Ia menjelaskan bahwa lomba ini memadukan antara "mixology dan flair". Dalam mixologi, para peserta akan diuji kemampuannya meracik minuman. Sementara dalam "flair", para peserta diuji keterampilannya menghibur dalam memainkan botol minuman atau yang dikenal dengan "juggling".

"Dalam lomba mixology, kami akan menyediakan semacam 'black box' atau kotak berisi minuman. Dalam kotak itu kita siapkan berbagai bahan untuk membuat minuman coktail mulai spirit, liqeur, juice dan sebagainya," ujarnya.

Ia berharap, para peserta mampu berkreasi sendiri. "Di sini kreativitas para peserta diuji karena mereka tidak akan tahu apa yang dia buat, dan bahan apa yang akan digunakan untuk membuat minuman. Jika tidak siap, maka peserta itu pasti gagal," katanya.

Ngurah Udayana menjelaskan, babak penyisihan akan digelar pada tanggal 7 dan 8 Juni. Sementara babak final akan berlangsung pada 9 Juni. Babak final akan dipilih 10 orang finalis untuk mencari yang terbaik.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012