Korem 163/Wira Satya mengerahkan para Babinsa bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas untuk melakukan patroli dan memantau beberapa gereja di wilayah Bali, pasca bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/03).
 
"Setelah peristiwa itu (bom bunuh diri), kita (Korem 163/Wira Satya) dan jajaran mengintensifkan pengamanan dengan patroli dan monitoring, mengantisipasi gangguan keamanan yang mungkin saja dilakukan oleh pihak atau kelompok tidak bertanggung jawab yang ingin mengganggu ketertiban dan kondusifitas kehidupan masyarakat di Bali," kata Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia atas seizin Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf dalam siaran pers di Denpasar, Bali, Minggu.
 
Ia mengatakan pasca terjadi peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3) sekitar pukul 10.30 Wita tersebut, Korem 163/Wira Satya langsung mengambil langkah untuk menurunkan aparat keamanan menuju tempat-tempat ibadah di Bali.

Baca juga: Di Bali, Ibadah Misa di Gereja Katedral tetap berjalan
 
Dalam pengamanan ini, Kodim mengerahkan para Babinsa untuk melakukan patroli dan memantau wilayah. Kapenrem menjelaskan patroli dan pemantauan dilakukan pada tempat-tempat strategis dan objek vital, salah satunya gereja dan tempat ibadah lainnya serta fasilitas publik di seluruh wilayah Bali.
 
"Terlebih pada hari Minggu ini merupakan hari ibadah atau kebaktian bagi umat Nasrani sehingga perlu dijamin keamanannya, mak
pengamanan/patroli terus dilakukan," katanya.
 
Pengamanan dilakukan bersinergi dengan semua unsur, yaitu dari Kepolisian, aparat pemerintah daerah dan juga masyarakat, termasuk pecalang dan Banser.
 
"Kita berharap kondusifitas keamanan di Bali tetap terjaga dengan baik serta mengingatkan peran serta masyarakat untuk ikut menjaga wilayahnya masing-masing. Jika ada hal-hal yang mencurigakan segera untuk ditindaklanjuti dengan melaporkan kepada aparat terkait," tegasnya.

Baca juga: Bom bunuh diri terjadi di pintu gerbang Gereja Katedral Makassar
 
Peristiwa bom bunuh diri terjadi di sela pelaksanaan ibadah Misa Minggu Palma di Gereja Katedral yang berlokasi di Jalan Kajaolalido, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Minggu sekitar pukul 10.30 wita.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021