Kupang (Antara Bali) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, akan membangun "home stay" berstandar pariwisata untuk mengatasi kekurangan kamar hotel di daerah itu.

Pilihan membangun "home stay" itu, selain guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, juga karena lahan yang tersedia untuk membangun hotel di wilayah paling timur Pulau Flores tersebut sudah semakin sempit, kata Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, Jumat.

Dia mengemukakan hal itu terkait langkah yang akan dilakukan Pemkab Flores Timur dan Pemerintah Pusat untuk menindaklanjuti kesepakatan kerja sama "sister city" antara Larantuka dengan Kota Ourem Fatima, Portugal.

Salah satu kerja sama yang akan dilakukan antardua wilayah itu adalah promosi pariwisata dengan menjual perayaan Samana Santa.

"Setelah penandatanganan kerja sama di Jakarta, kami bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sepakat untuk mulai merealisasikannya melalui penataan infrastruktur dan pembangunan home stay di rumah-rumah warga yang akan dimulai pada 2013," katanya.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012