Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Dalung di Kabupaten Badung, Bali, menyelenggarakan pemilihan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara daring di tengah pandemi COVID-19.

"Pemilihan secara daring yang baru pertama kali kami lakukan ini diselenggarakan mengingat siswa masih melakukan pembelajaran jarak jauh karena pandemi COVID-19," ujar Ketua Pembina OSIS SMK Pariwisata Dalung I Putu Agus Sutena Putra, Selasa.

Pada situasi normal, pemilihan ketua OSIS di sekolah tersebut dilakukan seperti dengan pelaksanaan pemilu dengan kartu suara, bilik suara, dan kotak suara bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung yang pelaksanaannya bertempat di sekolah.

Namun, pemilihan Pengurus OSIS masa bakti 2021/2022 di tengah pandemi COVID-19 dilakukan secara berbeda dengan menghimpun suara seluruh siswa yang menyalurkan hak suaranya secara daring dari tempat tinggal masing-masing.

Putu Agus Sutena Putra menjelaskan proses pemilihan pengurus OSIS secara daring itu menggunakan aplikasi Google Form. Siswa yang berada di rumah menyalurkan hak suaranya dengan memilih paket pengurus OSIS yang sudah tertera dalam aplikasi.

"Dan dengan memanfaatkan teknologi, kami tetap berupaya memberikan pengalaman dan pendidikan demokrasi bagi siswa kami yang juga menjadi pemilih pemula," ungkapnya.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Pariwisata Bali Dwipa I Putu Gede Panca Wasidipa menjelaskan SMK Pariwisata Dalung tetap berusaha melaksanakan semua program sekolah secara optimal di tengah pandemi COVID-19 dengan beradaptasi pada kebiasaan baru dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Adaptasi tersebut juga dilakukan dalam pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS.

Ia mengemukakan bahwa hal itu tentu ada rasa yang berbeda ketika pemilihan itu dilakukan secara daring, namun tetap harus dilakukan karena juga merupakan pembelajaran bagi siswa agar mampu menyesuaikan dengan keadaan di tengah pandemi.

"Dengan mengoptimalkan teknologi, kami tetap berusaha memberikan pembelajaran dan pengalaman kepada peserta didik, tidak hanya di ranah akademik, tapi juga non-akademik," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021