Pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, melakukan perubahan dan mengoptimalkan jam operasional dengan menyesuaikan trafik penerbangan eksisting mulai 18 Februari 2021.

Keputusan perubahan jam operasional tersebut dari sebelumnya bandara beroperasi  pukul 07.00 hingga 23.00 WITA diubah menjadi pukul 07.00 sampai pukul 20.00 WITA melihat pergerakan penurunan trafik penerbangan.

"Memperhatikan pergerakan pesawat udara di Bandara Ngurah Rai, kami mengambil langkah optimalisasi jam operasional yang mana tingkat pergerakan pesawat udara per jamnya 10-14 pesawat udara eksisting yang bisa dioptimalkan, untuk kapasitas yang kami miliki bisa melayani 18 pesawat udara per jam," ujar GM PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado, Kamis.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai raih "The Voice of Customer Recognition" ACI

Kebijakan ini telah disetujui melalui Nomor Notice To Airmen (NOTAM) A0363/21 tentang Perubahan Waktu Operasional Bandara dan melalui rapat bersama pihak terkait di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai- Bali.

Secara rinci ia menjelaskan perubahan jam operasional itu dimulai pada 18 Februari 2021 dengan waktu operasional selama 13 jam atau diperpendek dari sebelumnya 16 jam.

Menurutnya, optimalisasi tersebut sifatnya dapat diperpanjang maupun diperpendek sesuai kondisi trafik penerbangan Bandara Ngurah Rai.

Baca juga: Angkasa Pura I Bali dukung Program Plasma BUMN

Herry Sikado menjelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi kepada pihak terkait utamanya maskapai agar segera menyesuaikan jam operasional yang ada di Bandara Ngurah Rai.

"Selain itu maskapai juga harus menginformasikan kepada calon penumpang jika ada dampak perubahan jam operasional," katanya.

Meskipun jam operasionalnya diperpendek, ia menegaskan pengelola Bandara Ngurah Rai akan terus menjaga tingkat layanan yang diberikan, utamanya memastikan penerapan protokol kesehatan COVID-19 dan kenyamanan pengguna jasa selama berada kawasan bandara.

video oleh Pande Yudha

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021