Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar, Provinsi Bali menyebutkan sebanyak 141 pasien dinyatakan sembuh terpapar COVID-19 dari sebanyak 1.088 orang saat ini masih dirawat di rumah sakit rujukan dan rumah singgah setempat.

"Dari data kami yang di himpun sebanyak 141 pasien sembuh hari ini. Mudah-mudahan ke depannya angka tingkat kesembuhan terus naik," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Bali, Rabu.

Ia mengatakan penyebaran pandemi tersebut mengalami tren naik pekan ini. Karena itu jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah menyebabkan tingkat kasus COVID-19 di Denpasar meningkat drastis, tanpa disadari peningkatan ini jauh berbahaya dari rata-rata angka COVID-19 tahun 2020.

"Berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Karenanya bagi desa dan kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius Satgas COVID19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir oleh camat setempat," ujarnya.

Dewa Rai juga mengajak masyarakat untuk mengurangi mobilitas, dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini mengingat tren peningkatan kasus yang diiringi dengan menurunnya angka kesembuhan akan berpengaruh pada ketersediaan ruang isolasi dan perawatan.

"Kami harapkan kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas, hindari pulang kampung dan melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk mengurangi klaster keluarga, hal ini mengingat tingkat hunian isolasi dan ruang ICU di rumah sakit terus meningkat berpengaruh kepada kesediaan ruang rawat," ujarnya.

Terkait upaya menekan angka kematian akibat COVID-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data, secara akumulatif kasus positif positif tercatat 8.841 kasus, angka kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Denpasar mencapai angka 7.595 orang (85,91 persen), meninggal dunia sebanyak 158 orang (1,79 persen) dan kasus aktif masih dalam perawatan sebanyak 1.088 orang (12,30 persen).

"Kami harapkan masyarakat untuk menghindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama menerapkan 3M yaitu  menjaga jarak, menggunakan masker dan sering mencuci tangan," ucapnya.


 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021