Medan (Antara Bali) - Sumatera Utara menjadi salah satu daerah di Indonesia yang diminati wisatawan asal Jerman dengan alasan banyak objek wisata bersejarah.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumatera Utara, Solahuddin Nasution, di Medan, Senin, mengatakan wisatawan asal Jerman pada umumnya memang menyukai objek wisata yang mengandung sejarah dan juga alam yang penuh tantangan.

Sumut dinilai Jerman salah satu daerah yang memiliki hal tersebut seperti Rumah Lingga di Kabupaten Karo, Barus, Tapanuli Tengah yang disebut-sebut sebagai pintu masuk pertama kalinya agama-agama besar ke Indonesia , Bukit Lawang dan Tangkahan di Langkat yang alamnya masih memiliki tantangan.

Meski jumlah wisatawan asal Jerman itu masih jauh di bawah kedatangan turis Malaysia, tetapi biasanya lama tinggal turis Jerman lebih lama karena para turis itu suka menjelajahi tempat-tempat bersejarah dan alam yang penuh tantangan yang dipastikan membutuhkan waktu lebih lama.

"Yang lebih bagus lagi, biasanya orang Jerman itu suka berulang atau datang lagi ke Sumut meski di tahun yang berbeda.Jadi sebenarnya potensi turis asal Jerman itu cukup besar," katanya.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012