Pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat sebanyak 14.661 orang penumpang pesawat meninggalkan Pulau Dewata melalui bandara tersebut saat puncak arus balik libur tahun baru 2021 yang terjadi Minggu (3/1).

"Kemarin awalnya kami prediksi 13 ribu orang penumpang yang berangkat meninggalkan Bali. Dan berdasarkan hasil pencatatan kami saat puncak arus balik, penumpang domestik keberangkatan mencapai 14.661 orang penumpang," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, Senin.

Ia mengatakan, jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan catatan penumpang keberangkatan sehari sebelumnya yang mencapai 11.955 orang penumpang. "Total pada tanggal 2 dan 3 Januari 2021, kami telah melayani sebanyak 26.616 penumpang di terminal keberangkatan domestik yang menuju ke berbagai kota di Indonesia," katanya.

Baca juga: 13 ribu penumpang tinggalkan Bali lewat bandara

Sedangkan untuk pergerakan pesawat, ia menjelaskan, pada Minggu (3/1) tercatat sebanyak 125 pesawat udara yang berangkat dan 120 pesawat udara yang tiba di Bandara Ngurah Rai.

Taufan Yudhistira menjelaskan, untuk, penumpang yang meninggalkan Bali, didominasi oleh penumpang yang menuju ke sejumlah kota besar di Pulau Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta yang telah selesai mengisi waktu liburnya di Pulau Dewata.

"Kemarin kami perkirakan menjadi puncak arus balik karena kemarin memang hari terakhir liburan dan hari ini perkantoran juga sudah mulai masuk kerja," ungkapnya.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Bali tambah fasilitas rapid test antigen

Ia menambahkan, arus balik penumpang masih akan terus terjadi. Hari ini diprediksi trafik penumpang di terminal keberangkatan domestik akan mencapai lebih dari tujuh ribu orang penumpang.

Untuk trafik penumpang kedatangan domestik selama Posko Monitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali periode 18 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021 tercatat sebanyak 105.830 penumpang masuk Bali.

"Pada periode sama kami mencatat untuk trafik penumpang keberangkatan domestik ada sebanyak 123.323 orang penumpang keluar Bali melalui Bandara Ngurah Rai," ujar Taufan Yudhistira.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021