Sejumlah artis memeriahkan perayaan HUT ke-83 Kantor Berita ANTARA yang jatuh pada tanggal 13 Desember 2020, secara virtual, diantaranya Awan Garnida, Chacha, Pusakata, Viky Sianipar, Jelly Tobing dan David Bayu, serta Komika Indonesia Mamat Al Katiri, dan Youtuber, Jerome Polin.

Ketua Panitia HUT ke-83 ANTARA Gusti Nur Cahya Aryani dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Jumat malam, menyebutkan para artis itu akan menghibur masyarakat umum dan karyawan ANTARA secara virtual melalui penampilan yang disiarkan langsung di kanal Youtube ANTARA TV Indonesia pada tanggal 13 Desember 2020 mulai pukul 10.00 WIB.

Selain itu, para penonton juga dapat mengikuti kuis interaktif berhadiah fantastis yakni laptop Asus ROG SSTRIX III.

Selain kuis interaktif saat acara puncak tersebut, kuis-kuis lainnya juga telah diselenggarakan dalam rangkaian peringatan HUT ANTARA melalui akun Instagram @antaranews dan akun Facebook Kantor Berita ANTARA.

Baca juga: ANTARA di Era Medsos sebagai "News Agency" plus "Newsroom"

Berbagai hadiah telah disiapkan untuk kuis tersebut antara lain sepeda, emas batangan, saldo uang elektronik, headphone dan speaker JBL, tablet Samsung A21S, Samsung Galaxy Fit 2.  

Gusti Nur Cahya Aryani menjelaskan perayaan HUT secara daring tersebut merupakan pertama kali dilakukan oleh Kantor Berita ANTARA, yang dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat yakni para penampil harus melalui rapid test terlebih dahulu.

Perayaan secara daring juga dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

Sementara itu, Manajer Humas dan Kemitraan Perum LKBN ANTARA Arie Novarina menegaskan bahwa Kantor Berita ANTARA didirikan pada 13 Desember 1937 oleh empat pemuda yakni Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena ketika semangat perjuangan kemerdekaan nasional menggelora dan digerakkan oleh para pemuda pejuang.

Perjuangan tersebut berbuah keberhasilan yaitu ANTARA dapat menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 ke seluruh dunia.

Dalam perjalanannya, Kantor Berita ANTARA selalu bertransformasi mengikuti perkembangan jaman antara lain bergabung menjadi keluarga besar Kementerian BUMN dan berubah menjadi Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA melalui Peraturan Pemerintah Nomor: 40 Tahun 2007 pada 18 Juli 2008.

Saat ini, ANTARA memiliki jaringan distribusi terluas dengan 34 kantor biro dan perwakilan di ibukota provinsi serta kotamadya/kabupaten serta tiga kantor biro dan perwakilan di luar negeri.

Baca juga: Anak jurnalis Bali terima Gawai Pendidikan HUT Ke-83 LKBN ANTARA (video)


Biro Bali
Di Biro Bali, HUT Ke-83 Kantor Berita ANTARA juga diperingati dengan serangkaian acara, yakni Pameran foto "COVID-19" bertajuk "Grubug Ageng" di Gedung Kesenian Dharmanegara Alaya (DNA) Denpasar pada 3 Oktober hingga 31 Desember 2020, dan Simakrama Internal Keluarga Besar LKBN ANTARA Bali di Kantor Biro ANTARA Bali pada 12 Desember 2020.

"Puncaknya, kami mengadakan Peluncuran Buku "Suara Milenial untuk Bali" di Gedung DNA pada 13 Desember 2020 yang dirangkai dengan Workshop Jurnalistik (Medsos dan Fotografi). Rencananya, peluncuran buku esai dan pembukaan workshop akan dilaksanakan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali," kata Kepala Biro LKBN ANTARA Bali, Edy M Ya'kub.

Intinya, buku dari hasil Lomba Esai "Piala Gubernur Bali" yang diadakan LKBN ANTARA Bali pada 2019 itu mengupas tentang program Gubernur Bali I Wayan Koster di mata milenial. "Milenial Bali itu justru cukup kritis, bahkan menyertakan solusi dan menyertakan ide yang layak untuk direalisasikan oleh pemerintah," kata Edy.

Misalnya, soal sampah plastik, ada gagasan mengadakan lomba bersih sampah plastik utk pasar-pasar tradisional,
karena sumber sampah plastik paling banyak justru ada di pasar.

"Soal produk lokal khas Bali, juga ada ide unik untuk mengadakan sayembara penulisan, agar terdokumentasikan melengkapi dokumentasi dalam lontar (gaya lama). Juga mencatat beberapa produk lokal yang layak dikembangkan dengan marketing baru atau marketing digital, seperti Batik Endek, Gerabah, Loloh Don Kelor, dan sebagainya," katanya.

Untuk Bahasa Bali pun ada ide untuk membentuk Kawasan Bahasa/Sastra Bali pada lokasi tertentu. "Sebagai apresiasi kepada kaum milenial Bali dan juga 'kado' HUT ke-83 ANTARA serta 'kado' HUT Provinsi Bali, maka Buku Esai pun kami terbitkan dengan ilengkapi foto-foto Pewarta ANTARA dan informasi 'Selayang Pandang ANTARA' pada halaman akhir," katanya.
 

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020