Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster berharap dinding-dinding di rumah sakit bisa dilengkapi sejumlah karya seni sehingga bisa menjadi semacam terapi bagi para pasien.

"Dengan pemandangan indah dan menentramkan yang dipancarkan oleh karya seni, bisa membuat pasien merasa nyaman, sekaligus menaikkan imun tubuh sehingga cepat sembuh," kata istri Gubernur Bali itu saat membuka Pameran Lukisan Seniman Muda Bali dengan tema "Seni di tengah Pandemi" di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali, di Kabupaten Bangli, Kamis.

Oleh karena itu, dia berharap hendaknya rumah sakit bisa menjadi tempat memajang karya seni, seperti lukisan, sekaligus menerapi pasien beserta tenaga medis di instansi layanan masyarakat itu.

"Tentunya lukisan yang memberikan nuansa kenyamanan dan ketenangan bagi para pasien bisa mempercepat pemulihan sakit pasien tersebut," ucapnya pada acara yang merupakan kolaborasi dari Ubud Diary dengan RSJ Provinsi Bali itu.

Ke depan, pihaknya berharap tidak hanya RSJ Provinsi Bali yang menerapkan, tetapi semua rumah sakit di seluruh Bali.

Selain itu, dia mengajak seniman Bali bisa ikut berpartisipasi dalam memajang karya seni di rumah sakit, sekaligus dengan kolaborasi pasien juga jika ada yang berminat.

"Dengan langkah ini, saya bermimpi ke depan saya ingin memperkenalkan jika para seniman di Pulau Dewata juga mempunyai andil dalam mempercepat kesehatan pasien. Apalagi pandemi COVID-19 ini telah mengajarkan kita untuk kembali ke jati diri, kembali kepada kebutuhan sebagai manusia," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, tak lupa ia menyampaikan apresiasi mendalam kepada para seniman yang terlibat dalam pameran ini. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas sumbangsih para seniman dalam memenuhi lorong rumah sakit dengan karya-karyanya. Karena, secara tidak langsung para seniman telah membantu mempercepat kesembuhan pasien.

Direktur RSJ Provinsi Bali dr I Dewa Gede Basudewa SpKJ menyatakan pameran ini tidak hanya untuk memajang karya seni semata, namun juga sebagai upaya perawatan jiwa serta rehabilitasi pasien dengan penyakit jiwa.

"Seni memberikan ketenangan dan kedamaian, itu sangat diperlukan oleh para pasien kami," katanya.

Ia menambahkan, pameran tersebut merupakan kolaborasi antara seniman-seniman muda Bali dengan para pasien RSJ Provinsi Bali, baik yang sedang masa rehabilitasi maupun yang sudah kembali ke masyarakat.

Dengan kegiatan tersebut, sekaligus diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan diri para pasien serta mengikis stigma negatif masyarakat kepada mereka.

Dalam kesempatan itu, Putri Koster juga meninjau pameran lukisan dan membeli beberapa lukisan karya seniman dan pasien RSJ Provinsi Bali. Ia juga berkesempatan berbincang dan menyemangati pasien yang sedang direhabilitasi sambil melukis.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020