Anak Agung Gde Rahma Putra yang mewakili Kabupaten Badung, Bali, berhasil meraih peringkat ketiga tingkat nasional Lomba Inovasi Kategori Masyarakat dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2020.

"Kami akan terus melaksanakan penguatan dan pengembangan inovasi yang berasal dari perangkat daerah maupun kelompok masyarakat guna meningkatkan daya saing daerah di Kabupaten Badung," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Badung I Wayan Suambara dalam keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, Badung, Rabu.

Ia mengatakan penghargaan Lomba Inovasi Kategori Masyarakat kepada Anak Agung Gde Rahma Putra tersebut telah diserahkan bersamaan dengan pelaksanaan Inovasi Indonesia Expo 2020 yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual pada Selasa (10/11).

Wayan Suambara menjelaskan prestasi yang diraih Anak Agung Gede Agung Rahma Putra dengan berhasil lolos di peringkat ketiga pemenang Anugerah Masyarakat Inovatif, merupakan anugerah yang diberikan masyarakat umum atau grass root serta start-up yang kreatif dan inovatif.

"Untuk penilaiannya dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan proposal inovasi dan presentasi oleh peserta sebanyak delapan inovator di hadapan tim juri Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional yang telah dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2020 yang lalu," kata Wayan Suambara.

Wayan Suambara mengatakan, lomba tersebut sendiri dilaksanakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional dalam rangka mengisi peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75 dan Satu Tahun Pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

Rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-25 dengan tema “Inovasi Sebagai Solusi”, telah dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2020. Sebagai penutup rangkaian kegiatan Hakteknas ke-25 tersebut, diselenggarakan kegiatan “Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020” secara virtual pada 10-13 November 2020.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020