Pemerintah Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali terus berupaya menangani bencana non-alam COVID-19 dan bencana alam lainnya di daerah setempat dengan bersinergi semua elemen masyarakat, salah satunya perbankan untuk menyalurkan program tanggung jawab sosial perusahaan.

Pjs Bupati Karangasem, I Wayan Serinah di Karangasem, Senin, mengatakan pihaknya telah menjalin dengan perbankan dan mendorong para perbankan untuk menyalurkan dana kepedulian sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) untuk mendukung program penanganan bencana.

Ia mengatakan salah satu CSR dari sektor perbankan yang mendukung program penanganan bencana telah diterima oleh Pemkab Karangasem. Bantuan yang diterima dalam mendukung semangat kerja anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yaitu seragam kerja di lapangan dari BPD (Bank Pemerintah Daerah) Bali Cabang Karangasem.

"Bantuan ini sangat bermanfaat, terutama untuk meningkatkan semangat kerja para anggota BPBD Karangasem," katanya.

Pjs Bupati Serinah mengatakan dalam menanggulangi bencana, bantuan juga penting untuk disinergikan dengan semua komponen. Sehingga potensi bencana dapat dipetakan termasuk pelaksanaan penanggulanggannya dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca juga: 33 anggota Korpri Kabupaten Karangasem terima santunan

Menurut dia, tugas ini tentu tidak mudah. Demi mendukung kinerja yang baik para anggota BPBD, maka Pemerintah Daerah mengupayakan kelengkapan saranan bagi petugas di lapangan, salah satunya pakaian kerja ketika bertugas di lapangan.

"Saya kebetulan melihat di lapangan, pakaian belum cukup , maka langsung saya koordinasikan dengan Kepala Cabang BPD. Akhirnya hari ini direspon untuk dibantu dan diserahkan secukupnya," ujarnya.

Serinah berharap, dengan bantuan yang diterima ke depan pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan, sehingga segala macam bencana bisa ditanggulangi dengan baik.

Sementara itu, Kepala Cabang BPD, Ketut Andayana Kusumayasa mengatakan bantuan ini merupakan partisipasi selaku bank milik masyarakat Bali. Ia berpendapat, anggota BPBD merupakan garda terdepan dalam misi kemanusiaan.

Bank BPD Bali tidak hanya bersifat profit oriented tapi juga membantu dalam bidang kemanusiaan. "Ini merupakan partisipasi kecil dari kami untuk mendukung teman teman BPBD yang selama ini sangat gencar dalam memerangi dan menanggulangi bencana yang terjadi di Kabupaten Karangasem," katanya.

Pada kesempatan tersebut Pjs Bupati Serinah didampingi Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem IB Ketut Arimbawa dan Sektetaris BPBD Kabupaten Karangasem Eka Tirtana.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020