Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, Provinsi Bali bersama warga Desa Sanur bersinergi melakukan kebersihan dan perompesan pohon perindang di Pantai "Matahari Terbit" di kawasan Sanur.

Kepala BPBD Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ariwibawa di Denpasar, Minggu, mengatakan keberadaan kawasan pesisir sangat penting guna menjaga stabilitas daratan, sehingga harus ditata pohon penahan gelombang dan kebersihan lingkungan untuk menjaga daratan ketika terjadi cuaca buruk.

Ia mengatakan bahwa memasuki pengujung tahun sangat identik dengan cuaca buruk buruk. Karena prakiraan cuaca dari BMKG akan terjadi badai La Nina yang melanda wilayah Indonesia, termasuk di Bali.

Oleh karena itu, kata Joni Ariwibawa, diperlukan upaya terintegrasi untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan. Hal ini salah satunya dapat dilaksanakan dengan melaksanakan perompesan pohon perindang, menjaga kebersihan pesisir dan muara serta tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menimbulkan genangan saat hujan.

"Kami berharap kepada masyarakat untuk ikut aktif menjaga lingkungan sekitar, memperhatikan ketinggian pohon perindang, sehingga jika terjadi peningkatan intensitas hujan yang disertai cuaca buruk tidak menimbulkan resiko yang signifikan," ujarnya.

Baca juga: Kelurahan Renon-Denpasar lakukan pemangkasan pohon perindang

Selain itu, kata dia, masyarakat juga diimbau menunda untuk bepergian jika terjadi hujan lebat. Namun demikian, jika terpaksa untuk bepergian agar menghindari berteduh atau berdekatan dengan pohon perindang yang besar, papan reklame serta bangunan (menara) lainnya.

"Kami mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap musim penghujan dan badai La Nina, hindari pohon besar, papan reklame dan piranti lainnya yang tinggi, serta segera menghubungi BPBD Kota Denpasar melalui saluran telepon di 112 atau (0361) 223333," katanya.

Sementara Kepala Desa Sanur Kaja, I Made Sudana mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menciptakan keindahan, kebersihan dan kenyamanan di Desa Sanur Kaja. Hal ini mengingat Sanur merupakan kawasan pariwisata yang harus dijaga keindahannya.

"Kami bersama warga adat terus melaksanakan aksi kebersihan sehingga mampu menciptakan Desa Sanur Kaja dan Desa Adat Sanur yang indah dan bersih," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020