Pjs Bupati Karangasem I Wayan Serinah mengajak perbekel untuk memerangi penyebaran COVID-19 dengan memastikan penerapan Protokol Kesehatan dan gaya hidup sehat terlaksana sampai ke level paling bawah.

Keterangan tertulis yang diterima dari Humas Pemkab Karangasem, Rabu, menyebutkan ajaran itu disampaikan Pjs Bupati Karangasem yang didampingi Sekda Karangasem Sedana Merta dalam memberikan pengarahan secara virtual (13/10).

Melalui Video Conference, Pjs Bupati Serinah memberikan pengarahan serta sosialisasi untuk aparatur penyelenggara Pemerintah Desa guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan dalam memerangi COVID-19 dan juga Netralitas Aparatur Perangkat Desa dalam Pilkada 2020.

"Hari ini (13/10), saya bertemu dengan para perbekel, saya berharap semuanya bisa membantu saya selama dua bulan bertugas di sini, dengan sederet pekerjaan yang akan kita laksanakan bersama," ucapnya.

Sederet tugas yang dimaksud adalah tata pemerintahan selama dua bulan untuk melanjutkan yang sudah berjalan sebelumnya, memastikan jalannya Ketertiban dan keamanan masyarakat berjalan aman, memastikan perjalanan pilkada agar bisa berjalan lancar dan sukses, serta bersama-sama berperan aktif dalam memutus mata rantai COVID-19.

"Itu adalah harapan saya kepada para aparatur Desa, dimana keberadaan para perbekel dan kepala dusun adalah yang paling utama, baik dalam terselenggaranya Pilkada, pencegahan COVID-19 dan lainnya, karena itu netralitas para aparatur desa juga penting," ujarnya.

Netralitas adalah wajib dijalankan. "Mari, kita bersama-sama bersinergi supaya bisa berjalan lancar, pastikan warga yang mempunyai hak pilih agar menggunakan hak pilihnya, supaya demokrasi di Karangasem semakin meningkat. Oleh sebab itu, saya berharap kepada para Perbekel dan Kepala Dusun supaya mengkoordinasikan semuanya," katanya.

Terkait COVID-19, korban COVID-19 sudah banyak, karena itu kepada perangkat desa supaya menjalankan protokol kesehatan secara optimal. "Musuh kita adalah virus, virus ini menyebar, dan medianya adalah manusia, karena itu dari pusat menetapkan protokol kesehatan, dan mari kita menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan, hindari berkerumun dan lakukan pola hidup sehat," katanya.

Para Kepala Desa agar menjadi contoh untuk menjalankan protokol kesehatan, kalau sudah menjadi contoh yang baik, maka masyarakat juga pasti akan melakukan hal yang sama.

Baca juga: Pemkab Karangasem keluarkan Perbup Protokol Kesehatan cegah COVID-19

Sementara itu, Sekda Kabupaten Karangasem Sedana Merta memberikan pengarahan untuk membenahi dan memperkuat layanan kesehatan RSUD Karangasem di Ruang pertemuan Komite Medik RSUD Karangasem (14/10).

Dalam upaya meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat,utamanya dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Karangasem, Sekda Karangasem Sedana Merta mengharapkan kinerja pelayanan di RSUD Karangasem bisa berubah ke arah yang lebih baik.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa pelayanan kesehatan kepada masyarakat menjadi prioritas utama Pemkab Karangasem. Hal itu sebagai upaya dalam menciptakan kualitas kesehatan di Daerah.

Menurut Sedana Merta, ada keluhan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan oleh RSUD Karangasem. Hal itu menjadi perhatian serius bagi pihaknya bagaimana ke depannya masyarakat bisa mendapat pelayanan kesehatan yang maksimal.

“Untuk itu kita akan terus benahi pelayanan kesehatan ini khususnya di RSUD Karangasem. Langkah ini kami lakukan agar masyarakat puas dengan pelayanan RSUD di tengah pandemi," tegasnya.


Dirinya juga menambahkan Tenaga medis sebagai ujung tombak untuk saling bekerjasama supaya bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Dimana ini adalah tugas mulia yang diemban, dengan saling mengisi tentunya bisa memberikan hasil yang maksimal.

Pewarta: Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020