Menjelang Hari Raya Galungan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Klungkung, I Putu Suarta,  melakukan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan ke beberapa tempat di kabupaten setempat, diantaranya di Pasar Galiran, Semarapura, Minggu.


Di Pasar Galiran yang merupakan pasar terbesar di Bali Timur itu, keamanan dan kenyamanan pasar di masa pandemi COVID-19 menjadi perhatian khusus Bupati Suwirta yang turun langsung memantau ketaatan masyarakatnya dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pemantauannya, Bupati Suwirta menyemangati para pengunjung dan pedagang dalam menyambut Hari Raya Galungan untuk tetap taat dengan protokol kesehatan.

"Saya lihat rata-rata orang sudah lanjut usia tidak tahu tentang penggunaan masker yang benar, hidungnya tidak ditutupi dan diturunkan ke dagu, saya terus pantau dan ingkatkan, bagaimana cara memakai masker yang benar," ujar Bupati Suwirta

Sebelumnya, pemantauan juga dilaksanakan Bupati di Pasar Desa Satria, Gunaksa, Sampalan, dan Pasar Umum Kusamba, Galiran, serta di sepanjang jalan Diponegoro, dan Jalan Puputan.

Baca juga: Bupati Klungkung sidak pemakaian masker di pasar

"Saya beserta jajaran melakukan itu untuk mengawal Peraturan Gubernur Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Klungkung Nomor 66 tahun 2020, agar masyarakat Klungkung taat dalam melakukan protokol Kesehatan COVID-19," ujar Bupati Suwirta.

Dalam hasil pemantauannya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan masyarakat Klungkung sudah sebagian besar taat dalam melaksanakan Pergub Nomor 46 Tahun 2020 tentang sanksi bagi pelanggar Protokol Kesehatan Wabah COVID-19 dan Perbup Nomor 66 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes).

Bupati Suwirta menambahkan, dirinya beserta jajarannya akan terus memberikan semangat dan melakukan pemantauan kepada masyarakat Klungkung dan apabila ditemukan masyarakat yang melanggar maka akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku.

Di tengah-tengah menghadapi situasi COVID-19, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta juga mengunjungi Kelompok Ternak Sapi Pedaging Dharma Laksana di Desa Adat Pau, Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung (11/9).

Baca juga: Wabup Klungkung ingatkan ASN gunakan masker

Dalam kegiatan yang dihadiri Ketua Kelompok Ternak Sapi Daging I Ketut Ariasa serta para kelompok ternak itu, Bupati Suwirta mengaku sangat senang melihat usaha yang dilakukan oleh Desa Adat dalam rangka melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat.

"Inovasi ini harus terus dikembangkan kedepan. Semangat, kekompakan maupun ketekunan semua anggota kelompok ternak harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Mari jaga semangat dan kekompakan seluruh anggota kelompok dengan baik, upaya tersebut dilakukan agar usaha ternak sapi ini bisa berjalan dengan maksimal," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta tetap mengimbau kepada para kelompok disaat menjalankan tugas-tugas bisa selalu disiplin mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan hand sanitaizer harus tetap dilakukan sebab situasi saat ini sedang menghawatirkan sekali," katanya.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020