Magelang (Antara Bali) - Puluhan penyair berasal dari berbagai negara dan daerah di Indonesia, termasuk Bali, akan mengunjungi Pondok Pesantren Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/4), dalam rangkaian pembacaan puisi di Candi Borobudur bertajuk "Forum Penyair Internasional-Indonesia (FPII) 2012".

"Kami menyambut gembira rencana kunjungan mereka karena akan memberikan pendidikan penting kepada para santri. Mereka akan menggelar diskusi bersama para santri dan wisata sastra pesantren," kata Pemimpin Ponpes Tegalrejo KH Muhammad Yusuf Chudlori di Magelang, Jumat.

Kunjungan mereka ke ponpes tersebut, kata kiai muda dan berpengaruh di masyarakat yang biasa disapa Gus Yusuf itu, diharapkan memperluas wawasan budaya para santri setempat.

Ia menjelaskan bahwa wawasan budaya yang luas menjadi bekal para santri kelak bila sudah dewasa dan menjalani kehidupan di tengah masyarakat dengan berbagai dinamikanya.

Dikabarkan sekitar 27 penyair bakal hadir dan membaur dengan para santri, sekaligus menyelami kehidupan dan budaya dunia pondok pesantren itu. Sementara beberapa santri juga akan menyuguhkan karya puisi.

Mereka antara lain berasal dari Jerman, Amerika Serikat, Zimbabwe, Belanda, Swedia, Denmark, Islandia, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Makedonia. Sedangkan penyair Indonesia antara lain berasal dari Bali, Bogor, Madura, Bekasi, Surabaya, Yogyakarta, Bekasi, dan Rembang.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012