Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali meraih piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS), yang diserahkan Kepala BPS Jembrana Kadek Muriadi Wirawan kepada Bupati Jembrana I Putu Artha, sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam sensus penduduk dengan sistem online yang melampui target pusat.

"Sensus penduduk online tahap pertama sudah terlaksana dengan baik dan melampaui target, saya harap hal yang sama juga terlaksana pada sensus penduduk tahap kedua. Bahkan bisa lebih baik lagi," kata I Putu Artha, setelah menerima piagam penghargaan itu di Jembrana, Selasa .

Ia mengatakan, sebanyak 109 ribu lebih penduduk Jembrana mengikuti sensus penduduk 2020 secara online, dari jumlah total 280 ribu penduduk lebih.

Untuk sensus penduduk online tahap kedua, ia mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan kepada BPS berupa sosialisasi kepada masyarakat.

"Sosialisasi tidak hanya dilakukan kepada masyarakat umum, tapi juga pegawai Pemkab Jembrana serta di dunia pendidikan. Kami berharap, sinergi antara Pemkab Jembrana dengan BPS ini bisa menuntaskan sensus penduduk hingga seratus persen," katanya.

Menurutnya, data dari sensus penduduk ini sangat penting bagi pemerintah untuk mendapatkan referensi dalam mengambil kebijakan agar tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala BPS Jembrana Kadek Muriadi Wirawan mengatakan, dari sisi persentase, partisipasi masyarakat Jembrana mencapai 38,93 persen dari estimasi total jumlah penduduk.

Menurutnya, persentase partisipasi tersebut melampaui rata-rata Provinsi Bali yaitu sebesar 35,59 persen. Untuk tahap kedua sensus penduduk, ia mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pada bulan September namun menggunakan sistem pengisian kuisioner.

Senada dengan Artha, ia berharap, pada tahap kedua tersebut bisa menuntaskan sensus penduduk di Kabupaten Jembrana sampai 100 persen.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020