Istana Kepresidenan melalui Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan siapapun tamu Presiden Joko Widodo selalu terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan dan wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Pertama adalah dilakukan rapid test (uji cepat mendiagnosa antibodi COVID-19), kedua tentunya menggunakan masker, dan ketiga selalu menjaga jarak. Di dalam Istana pun kursi, dan tata letak meja kursi sudah kami lakukan untuk jaga jarak, dan lainnya,” kata Heru saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Pernyataan Heru tersebut untuk menanggapi kabar Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19. Purnomo terdeteksi terjangkit virus Corona tipe baru usai menjalani uji cepat (swab test) pada Sabtu (18/7).

Baca juga: Presiden dan Ibu Negara dipastikan negatif COVID-19

Heru mengatakan Purnomo memang sempat bertemu Presiden Jokowi pada pekan lalu. Wakil Wali Kota Solo itu diketahui sempat bertemu Presiden Jokowi sebelum menjalani tes usap.

Presiden Jokowi, ujar Heru, akan menjalani pemeriksaan kesehatan termasuk tes usap untuk mendiagnosa COVID-19. Secara rutin, Presiden Jokowi memang selalu menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Bapak Presiden dan perangkat, kami semua di sini yang melayani Presiden selalu melakukan tes kesehatan secara rutin. Khusus Presiden dilakukan rutin, dan hari ini secara kebetulan jadwal Bapak Presiden melakukan tes kesehatan dan mungkin termasuk tes usap,” ujar dia.

Pewarta: Indra Arief Pribadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020