Jakarta (Antara Bali) - Dewan Pers akan mendeklarasikan pelaksanaan sertifikasi bagi wartawan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional 2012 di Jambi pekan depan.

Penanggung jawab penyelenggaraan Hari Pers Nasional yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin, mengatakan, deklarasi sertifikasi wartawan tersebut merupakan salah satu bagian dalam rangkaian acara Peringatan Hari Pers Nasional 2012.

"Nanti dewan pers akan umumkan dan mendeklarisakan sertifikasinya wartawan. Sertifikasi ini dilakukan melalui uji kompetensi dewan pers," kata Margiono.

Menurutnya, hingga saat ini ada 1.000 wartawan yang telah melalui sertifikasi tersebut dan diharapkan jumlahnya terus meningkat.

Upaya untuk menetapkan standarisasi kemampuan profesi melalui sertifikasi wartawan ini merupakan bagian dari empat kesepakatan yang dibuat pada 2010 antara Dewan Pers dengan kalangan organisasi pers untuk mendorong peningkatan kualitas, kesejahteraan dan perlindungan bagi wartawan.(IGT/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012