Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gianyar, Bali, menerima sertifikat Akreditasi B,  dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat berdasarkan Surat Keputusan Nomor :KP.970/AJ.502/DRJD/2020 tentang penetapan Akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor Kabupaten Gianyar.
 

"Kita patut berbangga, karena untuk mendapatkan sertifikat ini bukan hal yang mudah, harus melewati beberapa penilaian atau pengujian. Syukurnya, kami didukung dengan sarana prasarana,  anggaran dan mutu SDM yang baik ," jelas Kadis Perhububungan Kab. Gianyar I Wayan Suamba, saat pelaksanaan KIR kolektif untuk angkutan siswa di Kantor Dishub Gianyar, Jumat .


Suamba menambahkan  hal  ini juga tak terlepas dari terobosan Bupati Gianyar Made Mahayastra yang berkeinginan memberikan
pelayanan angkutan gratis yang aman dan nyaman bagi siswa di Kabupaten Gianyar. 

Dengan sertifikat ini, Dishub Gianyar akan lebih maksimal lagi dalam memberikan layanan uji berkala kendaraan bermotor. Karena akreditasi ini dilakukan untuk pemantapan evaluasi kerja untuk standar kelayakan kendaraan yang berkeselamatan dan merupakan proses pengakuan formal yang menyatakan bahwa suatu unit pelaksanaan Uji Berkala Kendaraan Bermotor memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengujian kendaraan bermotor.

Hal ini tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat nomor: SK 1471/AJ.402/DRJD/2017 tentang Akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan  Bermotor.

 

"Kita harus bersyukur telah menerima sertifikat akreditasi B, karena di Bali yang mendapatkan sertifikat ini baru Kota Denpasar, Kota Singaraja (Buleleng) dan Gianyar," ujar Suamba.


Baca juga: Gubernur Bali inginkan kereta api bernuansa lokal


Pada kesempatan itu Suamba juga mengimbau untuk semua angkutan orang dan barang tanpa terkecuali untuk rutin melaksanakan KIR setiap enam bulan sekali. "Ini penting ntuk keselamatan berkendaraan di jalan. Karena dalam KIR ini dilakukan pengujian tehadap kelaikan kendaraan seperti rem, ban dan beberapa bagan lainnya dalam kendaraan," katanya.


Pelaksanaan KIR kolektif untuk angkutan siswa pada Jumat ini berlangsung cukup tertib dan lancar, dan diawasi langsung oleh Kadishub Wayan Suamba didampingi Kabid. Keselamatan Sarana, Mangku Sudiana.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020